Ebook Ilegal, Menguntungkan Atau Merugikan


Pernahkah Anda mengunduh file ebook terutama novel dari sumber yang ilegal (blog, forum)? Yang pasti penulis pernah melakukanya. Tidak membanggakan diri loh, tetapi apa daya karena buku tersebut pasti tidak ada dan tidak akan terbit disini. Apalagi novel-novel yang sedikit berbumbu erotis.

Image 00001Sebenarnya ada hikmahnya juga sih dari mengunduh ebook secara ilegal bagi penulis, karena dari situ bisa tahu buku mana yang bagus dan mana yang kurang menarik. Setelah mengetahui buku tersebut menarik, penulis akan mencari buku-buku yang diterbitkan oleh si penulis buku tersebut. Dengan membeli tentunya.

Membeli online sekarang yang menjadi masalahnya. Mengapa penyedia buku online seperti Amazon atau Barnes and Noble tidak memasukkan Indonesia sebagai negara yang bisa membeli buku terutama untuk format ebook ya? Dan di negara kita sendiri kenapa tidak menyediakan format buku elektronik ya? Padahal akan lebih menarik karena tidak perlu membawa buku-buku fisik yang tebal-tebal kemana pun. Dan harga tentu saja lebih terjangkau. Kalau di pikir buku elektronik akan menghemat jutaan pohon karena Kita tidak memakai kertas yang akan menghemat biaya produksi, sehingga harga buku pun bisa di tekan.

Sampai mana tadi? Oh, membeli buku online. Akhirnya penulis mencari-cari para penjual buku online diberbagai blog, situs dan forum. Setelah cukup lama mencari, ditemukanlah seorang penjual yang baik, ramah dan sopan. Sumber yang digunakan adalah Amazon. Kebetulan sekali karena disitulah pusat buku-buku dunia berkumpul.

Untuk percobaan, penulis terlebih dahulu memesan sekitar lima buku (ini buku elektronik ya, bukan buku fisik), setelah memesan lewat email, menunggu balasan dari penjual untuk memberikan harga, setelah menerima email tersebut penulis langsung bayar lewat atm. Waktu itu tidak sampai 1 jam setelah transfer, buku pesanan sudah sampai di komputer.

Cepat sekali!

Penulis sangat beruntung. Mulai hari itu, saat itu jika penulis menemukan buku-buku menarik akan langsung membelinya.

Jadi kesimpulannya, bagi penulis buku yang beredar secara ilegal cukup membantu penjualan dari buku itu sendiri. Itung-itung sebagai salah satu media promosi juga hehehe.

Tapi ini semua soal persepsi masing-masing individu. Namanya saja sudah ilegal/bajakan (piracy) tentu salah di mata hukum, tetapi penulis setidaknya sudah cukup membayarnya dengan membeli buku asli mereka. Bagaimana dengan Anda?

2 pemikiran pada “Ebook Ilegal, Menguntungkan Atau Merugikan

  1. yah, kalo menurut gue sih memang salah, tapi karena faktor kebutuhan dan dari sisi harga yg juga mahal terpaksa deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s